Mantan Dubes RI untuk Myanmar Beberkan Temuannya Soal Rohingya

- 23 Februari 2021, 16:16 WIB
webinar Majelis Indonesia Mui pada 17 Februari 2021 /Mui/Mui

Wartasumbawa.com - Ito Sumardi, mantan Duta Besar Indonesia untuk Myanmar di Yangon periode 2014-2018, menyampaikan sejumlah pendapatnya terkait masalah etnis Muslim Rohingya di Rakhine Myanmar.

Ia meyakini pemberitaan media internasional tentang terjadinya ethnic cleansing di Rakhine State adalah tidak benar, sebagaimana dilansir dari MUI pada 22 Februari 2021.

Keyakinan tersebut berdasarkan pengamatan dia ketika mengunjungi Rakhine State.

Hal tersebut di sampaikan saat diskusi Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasonal (HLN & KI) MUI yang digelar secara virtual, pada Rabu, 17 Februari 2021 lalu.

Baca Juga: Cari Ikan Hias, Yuk Cari Disini

Ia mendapat informasi bahwa etnik Rohingya yang mengungsi ke negara Malaysia misalnya, mereka memiliki dokumen lengkap dan membayar agen untuk pergi ke Malaysia. Namun di tengah laut, dokumen-dokumen perjalanan tersebut dibuang.

Informasi yang tak kalah pentingnya, mengenai kondisi keamanan di Rakhine State yang ternyata tertutup karena sepenuhnya dikuasai oleh milisi keamanan etnik Rohingya.

Baca Juga: Tekan Politik Identitas pada Pilpres 2024, PKS Dorong Revisi UU Pemilu untuk Turunkan  Presidential Threshold

Pihak Militer dan Polisi Pemerintah Myanmar justru tidak memiliki akses yang cukup luas.

Halaman:

Editor: M. Syaiful

Sumber: MUI


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X