Urus Akte Kelahiran Dapat KIA, Warga Depok Cukup Lewat Whatsapp

- 23 Februari 2021, 06:55 WIB
Gedung Balaikota Depok, Jawa Barat. /Ahmad Fiqi Purba/jurnalmedan.com

Wartasumbawa.com - Bagi warga Depok yang belum memiliki akte kelahiran terutama usia 0-18 tahun agar melaporkan melalui layanan Whatsapp. Dengan melaporkan akte kelahiran, warga juga nanti akan mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA).


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Nuraeni Widayatti mengungkapkan saat ini terdapat kurang lebih 131 anak usia 0-18 tahun belum tercatat nomor akta kelahirannya.

“Sistem integrasi data ke Data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) baru dimulai akhir tahun 2015. Dengan demikian, ada kemungkinan data anak yang lahir di bawah tahun tersebut sudah memiliki akta namun belum tercatat di SIAK,” katanya, Senin 22 Februari 2021.

Baca Juga: Sulawesi Kembali Diguncang Gempa dengan Kekuatan 5,8 Magnitudo

Nuraeni meminta warga yang belum memiliki akta kelahiran dapat mendaftar melalui kontak 081385318459, mengakses menu pendaftaran akta kelahiran.

Untuk anak yang sudah memilki akta kelahiran agar pilihan menunya yaitu pelaporan akta kelahiran khususnya bagi yang lahir di tahun 2003-2015.

“Bagi yang belum ada akta kelahirannya akan diprioritaskan. Semua layanan sudah berbasis daring dengan Whatsapp. Nantinya bukan hanya akan mendapat akta kelahiran, tapi akan mendapat KIA,” jelasnya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 23 Februari 2021: Elsa Mengganti Password Akun Roy? Akankah  Elsa Membusuk dalam Penjara

Ia mengungkapkan manfaat  melakukan pelaporan akta kelahiran yaitu  akan langsung mendapat KIA. Kartu ini menjadi identitas anak seperti KTP elektronik.

Halaman:

Editor: Furkan Sangiang

Sumber: Diskominfo Depok


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X